Klaim Tak Ada Korban Meeninggal Karena Corona, Ternyata 5 Hal Ini Yang Dilakukan Vietnam, Indonesia Patut Mencontoh!

Vietnam menjadi salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang cukup berhasil dalam menekan pandemi virus Corona. Kabarnya, untuk pertama kali, Vietnam menjadi negara yang mencatatkan nol kasus baru akibat virus Corona.

Vietnam telah menyatakan sejak 15 hari terakhir, mereka belum menemukan adanya kasus infeksi baru atau nol kasus positif Corona dan nol kasus kematian. Sebelumnya, tercatat pertama kali virus Corona masuk ke Vietnam pada 6 Maret 2020.

Sponsored Ad

Bermula saat warga Vietnam Hanoian Nguyen Hong Nhung terinfeksi virus ini setelah pulang dari Eropa. Jumlah kasus semenjak itu terus berkembang hingga puncaknya pada 22 Maret 2020, tercatat ada 240 kasus positif Corona di Vietnam.

Upaya menekan pertumbuhan angka positif Corona yang dilakukan oleh Pemerintah Vietnam dinilai sangat proaktif dalam menekan jumlah pasien terinfeksi Corona. Berbagai upaya cepat seperti pengawasan, fasilitas kesehatan, pengujian laboratorium, hingga kolaborasi dari berbagai faktor telah dilakukan.

Sponsored Ad

Agar dapat menjadi pelajaran dan dapat kita terapkan untuk mencegah virus Corona, berikut kami rangkum 5 kebijakan Vietnam untuk tangani virus Corona yang dilansir dari Liputan6.com

Penerapan Social Distancing

Kebijakan Vietnam dalam mengatasi virus Corona yang pertama adalah menerapkansocial distancing pada masyarakatnya. Social distancing atau menjaga jarak menjadi salah satu upaya pencegahan dan penularan infeksi kasus Covid-19. Hal tersebut bisa dilakukan dengan membatasi diri bertemu dengan orang lain maupun berkunjung ke suatu tempat. Dalam keadaan ini, seseorang tidak dianjurkan untuk melakukan jabat tangan dan harus menjaga jarak setidaknya 1 meter saat berinteraksi dengan orang lain. Social distancing yang dilakukan di Vietnam akan diperpanjang hingga akhir April 2020 mendatang.

Sponsored Ad

Pemerintah Vietnam mengimbau dan meminta masyarakatnya untuk melakukan segala sesuatu di rumah untuk sementara waktu. Masyarakat yang terpaksa keluar hanya untuk membeli makanan, dan keperluan obat-obatan.

Aturan Kesehatan di Vietnam

Kebijakan Vietnam dalam mengatasi Corona selanjutnya adalah Pemerintah Vietnam saat ini memiliki aturan kesehatan yang wajib dilakukan oleh para warganya. Keberhasilan mencegah penyebaran virus Corona ini dengan adanya konsisten penanganan dari pemerintah Vietnam. Hal ini dinilai dari petugas kesehatan Vietnam membuat aturan kesehatan untuk menilai infeksi pasien. Aturan tersebut antara lain:

Sponsored Ad

Dokter harus tanggap ketika mengobati pasien dengan gejala Corona seperti demam, batuk, maupun gangguan pernapasan. Pasien yang terindikasi terkena virus Corona akan dianjurkan untuk menjalani diet ketat oleh dokter. Diet ketat bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk sarapan pagi, membatasi asupan karbohidrat, mengonsumsi makanan karbohidrat, mengonsumsi makanan yang bervariasi seperti sayuran dan buah-buahan, memperbanyak meminum air putih, serta rajin untuk berolahraga.

Sponsored Ad

Dokter akan selalu memonitor tingkat saturasi oksigen yang terkandung dalam darah pasien, hal ini sangat penting dilakukan guna mengetahui jumlah relatif dari oksigen pada pasien, sehingga pasien lebih banyak tertangani dengan baik.

Pelayanan Maskapai Penerbangan Ditangguhkan

Kebijakan Vietnam dalam mengatasi Corona berikutnya dengan menangguhkan selama pandemi Corona. Meskipun hal tersebut membawa dampak kerugian yang tidak sedikit , namun hal tersebut tetap dilakukan sebagai salah satu upaya menekan laju pertumbuhan Corona.

Sponsored Ad

Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc juga telah memberikan larangan bagi wisatawan yang akan masuk dari negara yang memiliki banyak kasus Covid-19. Langkah ini diambil guna sebagai bentuk pencegahan penularan virus Corona atau Covid-19.

Adanya Larangan Ekspor Impor Hewan Liar

Kebijakan Vietnam dalam mengatasi Corona selanjutnya dengan melarang adanya aktivitas ekspor impor hewan liar di negaranya. Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc secara tegas telah melarang impor hewan liar ke Vietnam untuk sementara waktu. Larangan tersebut berdasarkan atas dianggapnya hewan liar sebagai perantara penyakit virus Corona yang merebak saat ini.

Sponsored Ad

Meskipun Vietnam merupakan salah satu negara yang melakukan jual beli hewan liar untuk dikonsumsi, namun, pihaknya tidak tanggung-tanggung untuk menghentikan kegiatan perdagangan hewan liar di luar provinsi maupun keluar dari Vietnam sejak 28 Januari 2020 lalu.

Hingga saat ini, belum ada vaksin yang telah ditemukan oleh peneliti kesehatan untuk menyembuhkan penyebaran virus mematikan ini. Hendaknya, langkah-langkah efektif yang telah dilakukan oleh Vietnam juga perlu diterapkan di sebagian negara demi tidak meluasnya angka pasien positif virus Corona.

Sponsored Ad

Sekolah Diliburkan

Kebijakan yang telah dilakukan Vietnam terakhir adalah meliburkan semua kegiatan belajar-mengajar. Pemerintah Vietnam menangani secara serius dengan memperhatikan nasib siswa-siswi di negaranya dan melakukan perlindungan terhadap mereka.

Dengan demikian, pemerintah Vietnam meliburkan kegiatan belajar-mengajar. Jutaan murid dari 63 kota dan Provinsi di Vietnam hingga saat ini masih melakukan kegiatan belajar di rumah sejak awal Imlek.

Sumber: Line Today

Kamu Mungkin Suka